Menu Masakan Untuk Penderita Batu Empedu

Daftar menu masakan untuk penderita batu empedu sangat cocok dipraktekkan sehari-hari untuk Anda yang ingin cepat sembuh total. Karena selain melakukan cara menghilangkan batu empedu secara alamiah, gaya hidup Anda harus diubah, yaitu pola makan.

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit batu empedu? Empedu merupakan suatu organ yang keberadaannya di bagian bawah hati. Empedu memiliki fungsi untuk membantu dalam proses pencernaan di usus kecil. Batu empedu merupakan penyakit yang disebabkan oleh kandungan kolesterol dalam empedu kebanyakan. Kantung empedu tersebut juga memiliki fungsi untuk menyimpan zat-zat yang dihasilkan oleh hati seperti garam empedu, kolesterol, dan bilirubin.

Seseorang yang menderita penyakit batu empedu harus melakukan kontrol yang sangat teliti sekali terhadap makanan. Karena tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Berikut ini adalah beberapa menu masakan untuk penderita batu empedu.

Menu Masakan Untuk Penderita Batu Empedu

Menu Masakan Untuk Penderita Batu Empedu
Menu Masakan Untuk Penderita Batu Empedu
  • Sayur Bayam

    Salah satu sayuran hijau yang bisa dikonsumsi dalam batas tertentu oleh penderita batu empedu adalah bayam. Kandungan senyawa oksalat yang banyak pada bayam ini bisa membantu meningkatkan potensi masalah batu ginjal. Jadi, walaupun bayam aman untuk dikonsumsi namun tetap juga harus dalam batas tertentu. Potensi bayam hanya menyebabkan masalah pada batu ginjal dan bukan pada masalah batu empedu. Akan tetapi biasanya banyak penderita batu empedu yang juga memiliki komplikasi batu ginjal. Jadi, bayam aman untuk penderita batu empedu, tapi batasi jumlah konsumsi harian.

  • Brokoli

    Brokoli merupakan jenis sayur yang mempunyai kalori rendah dan mengandung banyak serat. Selain itu juga brokoli banyak mengandung vitamin A dan C. Sayur brokoli tidak mengandung lemak dan bahan kandungan lainnya ditemukan adalah protein, kalsium, dan karbohidrat. Penderita batu empedu bisa mengkonsumsi sayur brokoli dalam jumlah yang terbatas karena jika berlebihan dapat menyebabkan produksi gas yang menyebabkan sakit perut.

  • Salmon

    Salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu adalah salmon. Ikan salmin ini mengandung omega 3 yang bisa bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol buruk pada tubuh. Selain mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung lemak hingga 11 gram. Meskipun ikan salmon aman dikonsumsi oleh penderita batu empedu, tapi tetap harus dibatasi karena bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol. Akan tetapi jika tidak menyebabkan rasa sakit atau gangguan lain maka boleh-boleh saja dikonsumsi secara rutin.

  • Tuna

    Ikan tuna bisa menjadi sumber protein tinggi untuk penderita batu empedu. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan tuna yang masak dalam batas toleransi adalah sekitar 3 ons per hari. Ikan tuna mengandung omega 3. Pada umumnya semua penderita batu empedu bisa mengkonsumsi ikan tuna, akan tetapi jika menyebabkan sakit perut ada baiknya dihindari.

  • Daging Merah Tanpa Lemak

    Penderita batu empedu sama sekali tidak boleh mengkonsumsi banyak lemak. Oleh karena itu penderita batu empedu dianjurkan untuk mengkonsumsi daging merah tanpa lemak dalam porsi yang sangat sedikit. Jika mengkonsumsi banyak lemak maka bisa meningkatkan potensi batu empedu yang lebih parah lagi.

  • Beras Merah

    Beras merah ini bisa menjadi menu pengganti beras putih. Beras merah tidak meningkatkan potensi lemak dalam tubuh sehingga cocok sekali dimakan oleh penderita batu empedu. Zat mangan pada beras merah bermanfaat untuk menertralisir lemak yang masuk ke dalam tubuh. Selain zat tersebut, terdapat juga zat anti oksidan yang bisa bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun beras merah aman dikonsumsi oleh penderita batu empedu, namun tetap harus dalam batas tertentu saja.

Nah, itulah menu masakan untuk penderita batu empedu. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *