Memilih Makanan Untuk Promil – Menurut Para Ahli

Ingin Tahu Apa Saja Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Program Hamil ?

Memilih makanan untuk promil sangat penting dilakukan, hal ini agar kondisi tubuh sang ibu selalu sehat sampai calon bayi datang.

Tingkat kesuburan seseorang dapat ditunjukkan oleh seimbangnya hormon dalam tubuh, kebutuhan nutrisi terpenuhi, serta berat badan yang ideal.

Salah satu kiat agar cepat hamil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk program hamil, kesempatan untuk hamil pun akan meningkat jika kedua belah pasangan selalu menjalani pola makan sehat dan seimbang.

Nah, untuk Anda para ibu yang ingin segera memiliki momongan, simaklah beberapa makanan yang dapat mendukung Anda dalam program hamil berikut ini.

Telur

Dari yang muda sampai yang sudah lanjut usia hampir semua menyukai telur. Selain harganya yang terjangkau, telur juga mudah untuk diolah. Telur mengandung protein yang tinggi, vitamin, mineral, dan asam amino seperti kolin yang dapat meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat tumbuhnya sel telur. Selain itu, kandungan folat pada telur juga dapat mencegah bayi mengalami cacat tabung saat dilahirkan.

Sayuran hijau

Nutrisi pada sayuran hijau ini terdiri dari kalsium, zat besi, dan folat yang dapat memperbaiki siklus menstruasi sekaligus mengurangi gejala PMS. Selain itu, folat juga dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan. Sayuran hijau ini seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi hijau, dan masih banyak lagi.

Buah jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Dalam 1 buah jeruk terdapat kalsium, kalium, volat, dan vitamin B yang dapat mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

Buah beri

stroberi dan rasberi merupakan salah satu jenis beri yang memiliki kandungan antioksidan serta fitonutrien antiperadangan yang dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria.

Ikan Salmon

Ikan ini mengandung asam lemak omega 3 dan DHA yang penting untuk mata bayi dan perkembangan otak. Wanita yang kelebihan berat bada cenderung memiliki masalah kekurangan DHA. Padahal nutrisi ini sangat direkomendasikan sebagai makanan penyubur kandungan sekaligus sebagai nutrisi yang harus dipenuhi bila akan merencanakan kehamilan.
Namun perlu Anda perhatikan, menurut seorang ahli nutrisi dan kesuburan batas maksimal mengonsumsi ikan salmon adalah 12 ons perminggu.

Biji Labu

Biji labu kaya akan kandungan zat besi non-heme. Wanita yang teratur mengonsumsi asupan zat besi non-heme, 40% lebih mudah untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi zat besi ini.
Anda bisa memanggang biji labi ini dalam oven untuk dijadikan cemilan renyah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Roti gandum

Dibandingkan dengan karbohidrat olahan yang lain, roti gandum membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga sangat membantu untuk menjaga kadar gula darah dan insulin agar tetap stabil.
Perlu Anda ketahui bahwa tingginya kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Saat kadar gula darah seorang wanita tinggi, maka 50% ia akan sulit untuk hamil dibanding wanita dengan kadar gula darah yang normal.

Pisang

Kandungan vitamin B6 dalam pisang sangat penting dalam pembuahan yang berfungsi untuk mengatur hormon. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu.

Tahu

Nutrisi penting yang terdapat dalam tahu adalah zat besi. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang kekurangan zat besi sangat beresiko menderita kegagalan ovulasi dan sel telur yang tidak cukup sehat, sehingga peluang untuk hamil pun menurut hingga 60%.

Perlu Anda ketahui….

Jika mengonsumsi berbagai makanan tersebut tidak lantas membuat Anda langsung hamil. Nutrisi dari makanan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga dan mempersiapkan tubuh agar selalu sehat dan bisa menjadi tempat yang baik bagi calon bayi kelak.

Selain asupan nutrisi tersebut, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dan pasangan juga harus melakukan hal berikut:

  • Konsultasikan diri ke dokter guna mengetahui apakah ada masalah atau tidak terkait dengan kesehatan reproduksi.
  • Pantau masa kesuburan.
  • Rutin erhubungan seks pada masa subur.
  • Berhenti merokok dan minuman beralkohol.

Semoga Dengan Menerapkan Berbagai Langkah tersebut, Anda dan Pasangan Bisa Segera Menimang Bayi yang Lucu dan Sehat.

Sulit menemukan makanan pendukung program hamil? Berikut kami rekomendasikan jamu penambah kesuburan agar cepat memiliki momongan.

You May Also Like

About the Author: nutrimaxgw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *